3 Desain Bangunan Bertingkat Terkini

Desain Bangunan Bertingkat
Source: cvmulyateknik.com
3 Desain Bangunan Bertingkat TerkiniBangunan bertingkat adalah sistem pembangunan yang bisa dikatakan untuk menghemat lahan. Pasalnya, saat ini tanah pekarangan selain mahal juga cukup sulit untuk dicari. Dengan begitu, banyak orang memilih untuk mendirikan bangunan bertingkat untuk kebutuhan rumah tangga maupun perkantoran.

Adapun gedung yang dibuat oleh banyaknya orang, mereka memiliki masing – masing desain yang berbeda. Macam – macam desain bangunan bertingkat menjadi pilihan yang dapat di gunakan bagi anda yang menginginkan gedung bertingkat. Berbeda desain bangunan, otomatis biaya yang dibutuhkan berbeda pula.
Beberapa Desain Gedung minimalis yang dapat anda gunakan, artikel berikut akan membahas tentang desain gedung yang meimalis dan ekonomis. Diantaranya sebagai berikut:

1.      Setruktur Rangka Bertulang Baja

Baja digunakan sebagai rangka yang posisinya vertikal dan horizomtal, serta beberpa silangan yang berfungsi untuk memperkokoh kerangka bangunan. Selain itu, juga dicampur dengan bahan lain seperti brace fram dan girder sebagai pelengkap pembentukan setruktur kerangka bangunan. Pembangunan bertingkat dengan sistem ini memiliki beban yang lebih ringan, serta biaya yang tidak begitu mahal.

2.      Sistem Tembok Cor dan Bingkai

Bangunan model ini seringkali menggunakan sistem tembok dan dinding cor yang diberi tambahan bantu dan besi. Akan tetapi, tidak kemudian semua sisi di tembok dengan batu dan semen. Beberapa penyekat  didalamnya menggunakan lapisan ringan untuk mengurangi beban bangunan. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi apabila terjadi pergeseran permukaan tanah yang terjadi.

3.      Sistem Bangunan Kumpulan Tabung

Dalam bangunan model ini dapat di ibaratkan seperti gabungan – gabungan tabung yang tersusun dengan bentuk fertikal. Sistem ini memiliki kelebihan keluasan ruangan dan dapat digunakan untuk bangunan yang sangat tinggi.
Itulah beberapa sistem bangunan bertingkat yang sering digunakan oleh para pemborong di Indonesia. Pasalnya, sistem yang seperti diatas sangat memungkinkan bangunan dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama. Sebagai orang – orang yang profesinya sebagai arsitektur tentunya wajib memahami berbagai macam jenis model bangunan sebagai refrensi untuk membuat bangunan.
Demikianlah artikel tentang desain bangunan bertingkat yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi teman – teman yang membutuhkan. Sekian dari kami dan terimakasih.


Post a Comment

0 Comments